Beranda Berita Era Milenial, Kader HMI ISIP UMM Diharap Mampu Inovatif dan Bersaing

Era Milenial, Kader HMI ISIP UMM Diharap Mampu Inovatif dan Bersaing

508
Bagikan

EDUNAMIKA.COM, MALANG — Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat memunculkan generasi milenial dengan tuntutan kreatifitas, inovasi, dan daya kritis yang tinggi. Momen ini diharapkan mampu menjadi refleksi diri pada proses pengkaderan oleh segenap kader Himpunan Mahasiswa Islam Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (HMI ISIP UMM) Malang sebagai insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam.

“Sebagai organisasi perkaderan, bukanlah berlebihan jika kader HMI ISIP UMM selalu dituntut agar mampu memberikan kesempatan terbaiknya bagi para kadernya untuk mengembangkan kualitas pribadinya masing-masing,” kata koordinator Kaum Muda Insan Cita (KMIC) HMI ISIP UMM Taufik di Malang, Minggu (30/07).

Hosting Unlimited Indonesia

Menurut Taufik, di tengah perkembangan zaman yang semakin modern, kader HMI dituntut untuk bisa menyesuaikan zamannya. Semakin ke depan, para kader tidak lagi bisa bertumpu pada kemampuan organisasi semata, tetapi juga dituntut memiliki bakat (soft skill).

“Misalnya, kader harus memiliki skill menulis, riset, mengelola sosial media, kemampuan public speaking, penguasaan IT, cinematografi, fotografi, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Ketua Divisi Riset dan Pengembangan SDM KMIC HMI ISIP UMM Antony mengatakan, sejauh ini kegiatan HMI Komisariat ISIP UMM sudah sangat baik dalam meningkatkan daya kritis dan militansi kader melalui ruang diskusi dan berbagai program yang ada selama ini.

“Jika selama ini, publik menganggap organisasi HMI sebagai organisasi yang berorientasi pada politik saja, ini tantangan bersama bahwa organisasi HMI ISIP UMM juga mampu melahirkan kader yang kompeten di bidang-bidang lain,” tegasnya.

Antony menegaskan, kader HMI ISIP UMM harus lebih kritis membaca perubahan jaman. Pasalnya, tantangan ke depan bukan hanya kemampuan hard skill yang penting, tetapi soft skill yang nantinya bisa membawa kader pada masa depan yang lebih baik dan tentu akan memberikan kontribusi nyata melalui sumbangsih karya dan bakatnya masing-masing.

“Dalam konteks inilah, cita-cita HMI menciptakan kader insan cita yang berkontribusi bagi perubahan Bangsa insyaallah akan mewujud,” tukasnya.

Diketahui, keluarga besar HMI ISIP UMM hari ini akan menggelar Silaturrahmi dan temu alumni di Malang, usai pelaksanaan Jalan Sehat Nasional (JSN). Berdasarkan catatan Panitia, acara sarasehan tersebut akan dihadiri lebih kurang 120 alumni yang saat ini tersebar di berbagai kota di Indonesia. ***

Komentar Facebook
Hosting Unlimited Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here