Beranda Berita Cegah Degradasi Moral Siswa, SMK Mutu Gelar GSDB Sebelum PBM Dimulai

Cegah Degradasi Moral Siswa, SMK Mutu Gelar GSDB Sebelum PBM Dimulai

Kejernihan pikiran saat belajar sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Ilmu ibarat cahaya, hati yang bersih dan tenang akan jelas dan jernih menerima pantulan cahaya itu. Inilah salah satu alasan SMK Mutu Gondanglegi membiasakan Sholat Dhuha sebelum PBM dimulai.

489
Bagikan

Malang – Awalnya karena terpaksa, namun lama kelamaan dijalankan dengan hati ikhlas. Mungkin itulah gambaran yang ada pada sebagian siswa ketika Gerakan Shalat Dhuha Berjemaah (GSDB) diimplementasikan pertama kali di SMK Muhammadiyah 7 (Mutu) Gondanglegi.

Membiasakan karakter baik kadang memang harus dipaksakan, walaupun mungkin terasa berat dan perlunya dukungan dari semua pihak.

Hosting Unlimited Indonesia

Karena GSDB ini melibatkan sekitar 2.300 siswa SMK Mutu dan sifatnya kolosal. Maka, tak hanya prasarana yang harus disiapkan, rundown acara pun harus dipikirkan dengan matang agar tak menuai kegagalan.

Kegiatan Sholat Dhuha di SMK Mutu Gondanglegi

“Berangkat dari rumah, siswa sudah dalam keadaan berwudhu. Ini merupakan bagian strategi agar tidak terjadi antrean di tempat wudhu nantinya, karena jam 7.30 semua siswa sudah kembali ke kelas,” ucap Fathur Rozi, Staf Kesiswaan.

Kebijakan baru yang diputuskan sekolah ini merupakan langkah preventif terhadap masalah degradasi moral di kalangan para pelajar.

Selain sesuai dengan visi dari sekolah yaitu menjadi sekolah yang islami. Adalah sebagai upaya untuk menyukseskan program PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) yang diputuskan melalui (Perpres) Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017.

Bukan hanya siswa yang diwajibkan untuk shalat Dhuha berjemaah, semua PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) juga wajib ikut dalam kegiatan yang dilaksanakan pada jam 6.45 sampai dengan 7.30.

Setelah shalat Dhuha berjemaah selesai, semua siswa berdzikir bersama-sama yang dibimbing oleh guru Ismuba. Kemudian membaca Ayat Suci Al Qur’an, tausiyah dan ditutup dengan doa awal pelajaran.

Alhamdulillah, sejak pertama kali dilaksanakan pada tanggal 21 Nopember 2017, sampai hari ini GSDB berjalan dengan lancar. Ini berkat dukungan dari semua siswa dan semua PTK SMK yang bulan Juni 2017 dikunjungi Presiden Jokowi.

Komentar Facebook
Hosting Unlimited Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here